Gay Indonesia Forum
http://gayindonesiaforum.com
Tempat utk berbagi dan berdiskusi, persahabatan, teman dan cinta gay Indonesia



Sekarang ini Sab Jul 26, 2014 10:09 pm

Waktu dalam UTC + 7 jam




Postkan topik baru Balas ke topik  [ 24 post ]  Pergi ke halaman 1, 2  Berikutnya
Pengarang Pesan
PostDipost: Sab Okt 22, 2011 10:16 am 
Offline
Vice Prime Minister
<b>Vice Prime Minister</b>
Avatar user

Bergabung: Min Jul 17, 2011 2:05 pm
Post: 1990
Has Liked: 21 times
Been Liked: 36 times
Negara-Negara yang Melegalkan Pernikahan Sesama Jenis



Berikut ini adalah sekilas informasi mengenai negara-negara yang telah melegalkan pernikahan sesama jenis secara nasional:

1. Belanda (2001)

Pada tanggal 1 April 2001, Belanda menjadi negara pertama di dunia yang melegalkan pernikahan sesama jenis, termasuk hak pasangan sesama jenis untuk mengadopsi anak walaupun ada batasan-batasan tertentu.

Belanda mengakui tiga jenis pengikatan, baik untuk homoseks maupun heteroseks, yaitu:

a. Pernikahan sipil (civil marriage)
b. Hubungan yang terdaftar (registered partnership)
c. Kontrak tinggal bersama/kumpul kebo (cohabitation contract)

Pasangan yang ingin melaksanakan pernikahan sipil atau hubungan yang terdaftar wajib memenuhi kriteria hukum berikut ini:

• Hanya dua orang yang diijinkan untuk melakukan pengikatan dan keduanya harus berstatus lajang (single) pada saat melakukan pengikatan.
• Keduanya harus berusia 18 tahun ke atas atau telah memperoleh ijin orang tua.
• Setidaknya salah satu dari keduanya adalah warga negara Belanda atau orang asing yang berstatus suaka/memiliki ijin tinggal di Belanda.

Sejak tahun 2006, orang asing yang ingin menetap di Belanda untuk melakukan pernikahan sipil harus mengikuti ujian integrasi kewarganegaraan yang menguji pengetahuan bahasa dan pengetahuan sosial Belanda. Ujian tersebut dilakukan secara lisan di Kedubes atau Konjen Belanda di negara masing-masing.

Hubungan yang terdaftar memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan pernikahan, kecuali dalam hal yang berkaitan dengan adopsi anak dan pemberkatan nikah secara agama. Pasangan yang mengadakan pernikahan sipil berhak memperoleh pemberkatan secara agama, sedangkan pasangan dengan hubungan yang terdaftar tidak berhak.

Sedangkan untuk kontrak tinggal bersama tidak diwajibkan mengikuti kriteria hukum tersebut di atas, kecuali terdapat dokumen resmi yang mengikat pihak-pihak yang mengadakan kontrak, baik dibuat oleh mereka sendiri maupun di hadapan notaris. Pihak yang mengikatkan diri dalam kontrak ini pun bisa lebih dari dua orang.


2. Belgia (2003)

Sejak 1 Juni 2003, Belgia melegalkan pernikahan sesama jenis dengan batasan tertentu.Orang asing boleh melaksanakan pernikahan sesama jenis di Belgia dengan syarat negara asalnya mengijinkan pernikahan sesama jenis tersebut. Namun, sejak Oktober 2004, Belgia mengijinkan semua pasangan untuk melaksanakan pernikahan sesama jenis dengan syarat berusia minimal 18 tahun dan salah satu orang dari pasangan yang menikah tersebut pernah tinggal di Belgia minimal selama 3 bulan. Pada tahun 2006, parlemen Belgia meloloskan undang-undang yang memungkinkan pasangan sesama jenis untuk mengadopsi anak.


3. Spanyol (2005)

Spanyol melegalkan pernikahan sesama jenis pada tanggal 3 Juni 2005, hanya 17 hari sebelum Kanada melakukan hal yang sama. Pernikahan sesama jenis di Spanyol dapat dilakukan dengan syarat salah satu dari pasangan yang menikah adalah warga negara Spanyol atau keduanya telah menjadi legal resident Spanyol minimal 2 tahun. Spanyol pun mengakui hak adopsi dan hak waris bagi pasangan sesama jenis.


4. Kanada (2005)

Pada tanggal 20 Juni 2005, Kanada menjadi negara pertama di benua Amerika yang mengesahkan pernikahan sesama jenis. Kanada juga menjadi negara pertama di dunia yang memperbolehkan pernikahan sesama jenis tanpa persyaratan kewarganegaraan atau kependudukan. Di samping itu, otoritas imigrasi Kanada juga mengakui pernikahan sesama jenis yang sah sebagai alasan untuk sponsorisasi imigrasi.


5. Afrika Selatan (2006)

Konstitusi Afrika Selatan secara spesifik menentang diskriminasi atas dasar orientasi seksual. Pada bulan Desember 2005, Mahkamah Konstitusi Afrika Selatan menyatakan bahwa penolakan terhadap hak kaum gay untuk menikah merupakan hal yang inkonstitusional, sehingga memerintahkan parlemen untuk mengamandemen UU pernikahan dengan memasukkan pernikahan sesama jenis ke dalam UU tersebut dalam waktu satu tahun. Pada tanggal 30 November 2006, Afrika Selatan menjadi negara pertama dan satu-satunya di benua Afrika yang melegalkan pernikahan sesama jenis. Suatu perbedaan yang mencolok di mana banyak negara lainnya di benua Afrika justru mengesahkan UU yang melarang homoseksualitas dan bahkan memberikan hukuman berat.

Namun, hukum di Afrika Selatan memberikan hak kepada pejabat pelaksana pernikahan untuk menolak melaksanakan pernikahan apabila pejabat tersebut menganggap pernikahan yang akan dilaksanakan bertentangan dengan keyakinannya.


6. Norwegia (2009)

Sejak 1 Januari 2009, Norwegia menjadi negara pertama di wilayah Skandinavia yang memperbolehkan pasangan homoseksual untuk menikah dan mengadopsi anak serta mengijinkan pasangan lesbian untuk menjalani inseminasi buatan. Pendonor sperma untuk inseminasi tersebut harus diidentifikasi sehingga saat sang anak mencapai usia 18 tahun bisa mencari ayah biologisnya.
Usia minimal untuk menikah adalah 16 tahun, sedangkan bagi yang berusia di bawah 18 tahun harus mendapat ijin dari orang tua dan gubernur. Pernikahan sesama jenis di Norwegia juga terbuka untuk orang asing dengan syarat bisa menunjukkan bukti tertulis dari otoritas negara asal yang menyatakan bahwa tidak ada hal yang melarang orang tersebut untuk menikah di Norwegia atau menunjukkan bukti bahwa orang tersebut tidak terdaftar menikah di catatan sipil negara asalnya.


7. Swedia (2009)

Pada tanggal 1 Mei 2009, Swedia menyusul tetangganya Norwegia dengan mengesahkan pernikahan sesama jenis. Pernikahan sesama jenis di Swedia juga terbuka bagi orang asing. Hal yang pertama dilakukan bila ingin menikah di Swedia adalah melapor ke kantor pajak setempat untuk memverifikasi persyaratan apa saja yang diperlukan dan kantor pajak dapat memulai investigasi apakah pasangan yang melapor tersebut memenuhi syarat untuk menikah. Persyaratan yang diperlukan antara lain paspor, akta kelahiran, dan affidavit yang menyatakan bahwa kedua orang tersebut single atau bebas untuk menikah.


8. Portugal (2010)

Pernikahan sesama jenis di Portugal dilegalkan sejak 5 Juni 2010. Pengesahan tersebut memberikan pasangan homoseksual hak yang sama dengan pasangan heteroseksual dalam hal perpajakan, hak waris, dan hak atas properti. Pernikahan sesama jenis yang dilaksanakan di luar negeri pun diakui di Portugal.

UU di Portugal tidak mengijinkan pasangan sesama jenis untuk mengadopsi anak. Demikian pula halnya dengan adopsi sah yang dilakukan di luar negeri tidak diakui di Portugal.


9. Islandia (2010)

Pernikahan sesama jenis di Islandia disahkan pada tanggal 27 Juni 2010. RUU pernikahan tunggal disetujui parlemen Islandia dengan suara bulat pada tanggal 11 Juni 2010 di mana 49 suara mendukung, 14 suara abstain, dan tidak ada suara yang menolak. Bahkan pihak oposisi pun mendukung RUU tersebut.

Sehari setelah UU tersebut disahkan, Perdana Menteri Islandia Johanna Sigurdardottir menikahi pasangan lesbiannya Jonina Leosdottir, seorang penulis.


10. Argentina (2010)

Argentina menjadi negara pertama di wilayah Amerika Latin yang melegalkan pernikahan sesama jenis sejak 22 Juli 2010. President Cristina Fernández de Kirchner mempertaruhkan reputasi politiknya dengan memperjuangkan RUU pernikahan sesama jenis dan menghadapi tentangan dari pendukung Gereja Katolik Roma. Setelah perdebatan sengit di senat selama 15 jam, RUU tersebut akhirnya diloloskan oleh Senat Argentina. Dengan demikian, pasangan homoseksual di Argentina akhirnya mempunyai hak dan kewajiban yang sama dengan pasangan heteroseksual dalam hal warisan dan adopsi anak.

Satu tahun sejak UU tersebut diberlakukan, tercatat sekitar 3.000 pasangan sesama jenis melaksanakan pernikahan di Argentina.



Di samping 10 negara di atas yang melegalkan pernikahan sesama jenis secara nasional, terdapat pula negara yang melegalkan pernikahan sesama jenis dalam wilayah/yurisdiksi terbatas, yaitu:

1. Mexico.

Sejak 4 Maret 2010, pernikahan sesama jenis dinyatakan legal di wilayah Mexico City dan pada tanggal 10 Agustus 2010 Mahkamah Agung Mexico menyatakan bahwa pernikahan sesama jenis yang dilaksanakan di wilayah Mexico City diakui secara nasional di seluruh wilayah negara Mexico.

2. Amerika Serikat

Pemerintah federal AS tidak mengakui pernikahan sesama jenis karena terhambat oleh Defense of Marriage Act (DOMA) yang diberlakukan sejak 1996 sampai saat ini. DOMA menetapkan bahwa pernikahan adalah antara pria dan wanita. Namun, sejak 2004 sudah ada beberapa negara bagian dan yurisdiksi khusus yang melegalkan pernikahan sesama jenis, yaitu:

a. Massachusetts (2004)
b. Connecticut (2008)
c. Iowa (2009)
d. Vermont (2009)
e. District of Columbia (2009)
f. New Hampshire (2010)
g. New York (2011)
h. Suku Indian Coquille di negara bagian Oregon (2008)
i. Suku Indian Suquamish di negara bagian Washington (2011)


Selanjutnya ada pula negara-negara yang tidak melegalkan pernikahan sesama jenis tetapi mengakuinya dengan aturan dan batasan yang bervariasi untuk masing-masing negara, di antaranya: Australia, Brasil, Denmark, Inggris, Israel, Jerman, Kolombia, Perancis, Selandia Baru, Swiss, Uruguay, dan sebagainya.



Catatan:
Isi artikel ini dihimpun dari berbagai sumber yang tersedia pada bulan Oktober 2011.
Bukan mustahil bila di masa mendatang terjadi perkembangan atau perubahan yang menyebabkan isi artikel ini menjadi out-of-date.

_________________
Believe nothing, no matter where you read it, or who said it, no matter if I have said it, unless it agrees with your own reason and your own common sense.

Gambar


Atas
 Profil  
 
PostDipost: Sab Okt 22, 2011 10:37 pm 
Offline
Super Model
Super Model
Avatar user

Bergabung: Sen Agt 15, 2011 9:38 pm
Post: 395
Has Liked: 2 times
Been Liked: 0 time
Seandainya saja indonesia jugaaaa.... :(

_________________
(Rasakanlah) Isyarat yang sanggup kau rasa, tanpa perlu kau sentuh
(Rasakanlah) Harapan, impian, yang hidup hanya untuk sekejap
(Rasakanlah) Langit, hujan, detak, hangat nafasku -Dee-


Segala khawatirku, kutaruh di kakiMu.

Kata bintang laut pada bulu babi yang merindukan bintang," Kamu tahu? Nggak semua bintang itu bersinar"

You can't forever hide from the thunder, look into the storm and feel the rain (Brave-Josh Groban)


Blogs Update
My Bloggie : Taksaka's Central Station


Atas
 Profil  
 
PostDipost: Min Okt 23, 2011 2:20 am 
Offline
Super Model
Super Model
Avatar user

Bergabung: Sen Jul 25, 2011 11:28 pm
Post: 417
Lokasi: bandung; jakarta
Has Liked: 10 times
Been Liked: 10 times
waww!! presiden Argentina kereeeennnn!!!!!
mau punya presiden kyk gitu. hahahahaha....

_________________
Lucky Charm!
.::Gay Astrology::.


Atas
 Profil  
 
PostDipost: Min Okt 23, 2011 4:07 pm 
Offline
Super Model
Super Model
Avatar user

Bergabung: Sab Jul 16, 2011 10:12 pm
Post: 726
Lokasi: Kota Panas di Khatulistiwa Sulawesi
Has Liked: 4 times
Been Liked: 3 times
oh baru tau di Mexico masih di wilayah Kota Mexico saja...

kalau di Taiwan, Thailand dan Fillipina serta Dubai gimana?


ehem......Kanada memang HOT!! Sampe bikin kampanye : Ayu Menikah di Kanada.....ohh ntar yah, kudu ngomong ke BF dlu....

_________________
=============================================================================================
Gambar

TELAH DIBUKA BIOSKOP MINI SINCHAN SPECIAL GAY SHORT MOVIE ALA GIFest
.....................................Mampir Yuk.........................................

GambarGambarGambar


Atas
 Profil  
 
PostDipost: Min Okt 23, 2011 5:44 pm 
Offline
Vice Prime Minister
<b>Vice Prime Minister</b>
Avatar user

Bergabung: Min Jul 17, 2011 2:05 pm
Post: 1990
Has Liked: 21 times
Been Liked: 36 times
taksaka menulis:
Seandainya saja indonesia jugaaaa.... :(


Masih sebatas harapan....

_________________
Believe nothing, no matter where you read it, or who said it, no matter if I have said it, unless it agrees with your own reason and your own common sense.

Gambar


Atas
 Profil  
 
PostDipost: Min Okt 23, 2011 5:49 pm 
Offline
Vice Prime Minister
<b>Vice Prime Minister</b>
Avatar user

Bergabung: Min Jul 17, 2011 2:05 pm
Post: 1990
Has Liked: 21 times
Been Liked: 36 times
kakkoii86 menulis:
waww!! presiden Argentina kereeeennnn!!!!!
mau punya presiden kyk gitu. hahahahaha....


Yup, walaupun dia banyak didukung suaminya yg duduk di parlemen dan notabene mantan presiden Argentina sblm digantikan oleh istrinya.
Tapi tetep keren karena berani melawan arus n mau berjuang utk kesetaraan pernikahan gay.
^^

_________________
Believe nothing, no matter where you read it, or who said it, no matter if I have said it, unless it agrees with your own reason and your own common sense.

Gambar


Atas
 Profil  
 
PostDipost: Min Okt 23, 2011 5:54 pm 
Offline
Vice Prime Minister
<b>Vice Prime Minister</b>
Avatar user

Bergabung: Min Jul 17, 2011 2:05 pm
Post: 1990
Has Liked: 21 times
Been Liked: 36 times
sinchan_icshan menulis:
oh baru tau di Mexico masih di wilayah Kota Mexico saja...

kalau di Taiwan, Thailand dan Fillipina serta Dubai gimana?


ehem......Kanada memang HOT!! Sampe bikin kampanye : Ayu Menikah di Kanada.....ohh ntar yah, kudu ngomong ke BF dlu....


Setau gusdar blm ada negara Asia yg melegalkan pernikahan gay.
Bahkan yg mengakui pun rasanya blm ada (maksudnya secara de jure).
Nepal pun kalo ngga salah baru akan mengajukan RUU.

_________________
Believe nothing, no matter where you read it, or who said it, no matter if I have said it, unless it agrees with your own reason and your own common sense.

Gambar


Atas
 Profil  
 
PostDipost: Kam Okt 27, 2011 10:15 pm 
Offline
Super Model
Super Model
Avatar user

Bergabung: Sab Jul 16, 2011 10:12 pm
Post: 726
Lokasi: Kota Panas di Khatulistiwa Sulawesi
Has Liked: 4 times
Been Liked: 3 times
oooo kirain Nepal udah mengakui.....kalau kelihatannya sih, di ASIA sih masih secara setengah hati deh.....contoh aja kayak Taiwan, Thailand, Fillipina, Nepal atau Singapura.....cuma susah yah, mungkin karena ASIA itu "harus" berbudaya dan beretika, apalagi (mungkin, menurut saya) kan takut ntar dianggap negara bobrok yah? kan di ASIA masih tabu untuk hal2 seperti itu....
ihh padahal Jepang saja industri sex-nya besar sekali hehehehe....

_________________
=============================================================================================
Gambar

TELAH DIBUKA BIOSKOP MINI SINCHAN SPECIAL GAY SHORT MOVIE ALA GIFest
.....................................Mampir Yuk.........................................

GambarGambarGambar


Atas
 Profil  
 
PostDipost: Jum Okt 28, 2011 8:45 pm 
Offline
Vice Prime Minister
<b>Vice Prime Minister</b>
Avatar user

Bergabung: Min Jul 17, 2011 2:05 pm
Post: 1990
Has Liked: 21 times
Been Liked: 36 times
sinchan_icshan menulis:
oooo kirain Nepal udah mengakui.....kalau kelihatannya sih, di ASIA sih masih secara setengah hati deh.....contoh aja kayak Taiwan, Thailand, Fillipina, Nepal atau Singapura.....cuma susah yah, mungkin karena ASIA itu "harus" berbudaya dan beretika, apalagi (mungkin, menurut saya) kan takut ntar dianggap negara bobrok yah? kan di ASIA masih tabu untuk hal2 seperti itu....
ihh padahal Jepang saja industri sex-nya besar sekali hehehehe....


Bisa jadi spt itu alasannya.
Bahasa kerennya: "Tidak sesuai dgn budaya Timur", walaupun kesannya spt alasan yg dibuat2.
Sehingga banyak pemerintah yg akhirnya "tutup mata", membiarkan tapi tdk melegalkan.

_________________
Believe nothing, no matter where you read it, or who said it, no matter if I have said it, unless it agrees with your own reason and your own common sense.

Gambar


Atas
 Profil  
 
PostDipost: Sab Okt 29, 2011 2:45 am 
Offline
Executive Minister of City and Area
<b>Executive Minister of City and Area</b>
Avatar user

Bergabung: Sab Jul 16, 2011 10:53 pm
Post: 2088
Has Liked: 0 time
Been Liked: 7 times
Budaya TImur Indo koq korupsi ya?
lol

_________________
Gambar
Ask me for my YM, LINE and Skype ;)


Atas
 Profil  
 
PostDipost: Sab Okt 29, 2011 9:55 pm 
Offline
Vice Prime Minister
<b>Vice Prime Minister</b>
Avatar user

Bergabung: Min Jul 17, 2011 2:05 pm
Post: 1990
Has Liked: 21 times
Been Liked: 36 times
Versa menulis:
Budaya TImur Indo koq korupsi ya?
lol


Budaya Indo yg harusnya dipunahkan, tapi justru malah dilestarikan dan dibudidayakan
wkwkwk...

*Ngga mau panjang lebar deh, nanti jadi OOT*

_________________
Believe nothing, no matter where you read it, or who said it, no matter if I have said it, unless it agrees with your own reason and your own common sense.

Gambar


Atas
 Profil  
 
PostDipost: Rab Agt 22, 2012 6:28 pm 
Offline
Virgin & Newbie
Virgin & Newbie
Avatar user

Bergabung: Jum Apr 06, 2012 8:00 pm
Post: 22
Has Liked: 0 time
Been Liked: 0 time
Someday, I wish ...

_________________
People say i'll go to hell because of that terrible sin to be gay. But i doubt God will send me to hell. After all, He made me this way ...


Atas
 Profil  
 
PostDipost: Rab Agt 22, 2012 11:06 pm 
Offline
Super Model
Super Model
Avatar user

Bergabung: Rab Apr 11, 2012 10:13 pm
Post: 470
Has Liked: 4 times
Been Liked: 55 times
tp baca2 di tetangga, ada couple yg menikah, tetap aja ternyata harus mendapat cibiran dan muka asem dari RT/RW/Kelurahan untuk mendapat semacam surat pengantar untuk menikah di luar.


Atas
 Profil  
 
PostDipost: Rab Agt 22, 2012 11:54 pm 
Offline
Contributor
<b>Contributor</b>
Avatar user

Bergabung: Sab Nov 19, 2011 1:18 am
Post: 1804
Lokasi: Jekardah
Has Liked: 83 times
Been Liked: 23 times
Deskripsi diri: Some people are trying to stay myself away from taking care of my personal life.
Sebenernya ada 11 negara tapi kenapa orang awam cuma tahu "Belanda" doang ya ahaha

Hmm dari tuh 11 termurah yang mana ya? :p

_________________


Atas
 Profil  
 
PostDipost: Jum Agt 24, 2012 1:42 pm 
Offline
Vice Prime Minister
<b>Vice Prime Minister</b>
Avatar user

Bergabung: Min Jul 17, 2011 2:05 pm
Post: 1990
Has Liked: 21 times
Been Liked: 36 times
ksuc menulis:
Sebenernya ada 11 negara tapi kenapa orang awam cuma tahu "Belanda" doang ya ahaha

Hmm dari tuh 11 termurah yang mana ya? :p


Susah juga kalo cari yg termurah.
Kalo bikin surat kawinnya mungkin di manapun msh relatif murah, tapi ongkos perjalanan ke sono yg mahal bgt.
wkwkwk...

_________________
Believe nothing, no matter where you read it, or who said it, no matter if I have said it, unless it agrees with your own reason and your own common sense.

Gambar


Atas
 Profil  
 
PostDipost: Jum Agt 24, 2012 9:13 pm 
Offline
Super Model
Super Model
Avatar user

Bergabung: Min Jul 17, 2011 11:34 pm
Post: 359
Lokasi: Kota Pahlawan
Has Liked: 0 time
Been Liked: 7 times
ksuc menulis:
Sebenernya ada 11 negara tapi kenapa orang awam cuma tahu "Belanda" doang ya ahaha

Hmm dari tuh 11 termurah yang mana ya? :p



percuma cari yg termurah trs menikah disana kalo gak menetap disana juga

ntar pas balik ke nusantara tetep gak dianggap, malah dihina :nangislari:

_________________
Kutipan:
Sometimes, when I say "I'm Okay"
I want someone look me in the eye, hug me so tight and say "I know, you're not okay".


I wish this was real life :
Gambar


Atas
 Profil  
 
PostDipost: Jum Agt 24, 2012 11:09 pm 
Offline
Virgin & Newbie
Virgin & Newbie

Bergabung: Jum Agt 24, 2012 11:00 pm
Post: 5
Has Liked: 0 time
Been Liked: 0 time
kpn indonesia bs???


Atas
 Profil  
 
PostDipost: Jum Agt 24, 2012 11:23 pm 
Offline
Celebrity
Celebrity
Avatar user

Bergabung: Jum Agt 19, 2011 7:58 pm
Post: 2439
Has Liked: 6 times
Been Liked: 41 times
Gila ! Negara timur dan Asia masih ga ada ...

Paling deket Afrika Selatan yah ? Hmmmm

Masih muda, masih mau memperjuangkan dulu ...

Semoga pas umur gw mateng udah ada di Asia dan juga udah terkumpul duit gw buat ke sana ^^

_________________
GambarGambarGambarGambar


Atas
 Profil  
 
Tampilkan post-post sebelumnya:  Urutkan sesuai  
Postkan topik baru Balas ke topik  [ 24 post ]  Pergi ke halaman 1, 2  Berikutnya

Waktu dalam UTC + 7 jam


Topik2 yg mirip:
 Topik2   Pengarang   Balasan   Dilihat   Post terakhir 
Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. Skotlandia melegalkan pernikahan sesama jenis

shena

2

95

Rab Feb 05, 2014 8:52 pm

adeputu Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. pernikahan sesama jenis

[ Pergi ke halamanPergi ke halaman: 1, 2 ]

anthonymartin

34

885

Kam Des 19, 2013 3:31 pm

fianisme Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. Apa Pandangan kamu terhadap Pernikahan Sesama Jenis?

[ Pergi ke halamanPergi ke halaman: 1, 2 ]

ordinaryboy19

30

1287

Kam Jul 04, 2013 11:03 am

Dau Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. Pandangan Ekonomi terhadap Pernikahan Sesama Jenis

gusdar

13

744

Min Okt 28, 2012 9:45 am

chinesecute2010 Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. RUU Pernikahan Sesama Jenis di Thailand Undang Kontroversi

gusdar

6

306

Rab Jul 31, 2013 4:56 am

JunJun Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. Ratu Elizabeth II Setujui Pernikahan Sesama Jenis

gusdar

16

270

Sab Agt 03, 2013 10:41 am

Srafime Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. pandangan anda tentang pernikahan sesama jenis?

agek

2

143

Kam Jun 19, 2014 9:36 pm

inner handsome Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. Ibu Negara China yang Memukau Dunia

Terry Sie

11

352

Sen Mei 27, 2013 10:37 am

bakaneko Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. Apakah Washington DC.siap melegalkan Pernikahan Gay?

dear99

1

175

Min Agt 28, 2011 2:42 pm

Quadro Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. Cumi-cumi [yang] Melakukan Perkawinan Lawan & Sesama Jenis

mero

2

423

Kam Des 29, 2011 10:54 pm

mero Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. Indonesia Berdoa (Doa Bagi Negara)

Ancien

2

44

Min Mar 16, 2014 10:53 pm

Ancien Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. 10 Negara Terbaik untuk Menjalankan Bisnis

Terry Sie

5

201

Rab Agt 14, 2013 12:00 am

ariksyah Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. Berbohong Mengenai Situasi HAM Negara Kita??

koinz

11

281

Sen Mei 28, 2012 6:57 pm

Srafime Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. NGOBROL YUKK: NEGARA TERFAVORIT DI DUNIA

[ Pergi ke halamanPergi ke halaman: 1, 2, 3 ]

Erwin

42

651

Sel Mei 28, 2013 6:13 pm

frz Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

Tidak ada post yang belum dibaca untuk topik ini. Alasan Australia Menyadap Ibu Negara Indonesia (Ibu Ani)

Terry Sie

2

183

Sel Des 17, 2013 4:51 pm

Srafime Lihat posting terbaru - Gay Indonesia Forum

 


Siapa yang online

user yang berada di forum ini: Goo Dong Baek dan 12 tamu


Negara-Negara yang Melegalkan Pernikahan Sesama Jenis Gay Indonesia Forum
Anda tidak dapat membuat topik baru di forum ini
Anda tidak dapat membalas topik di forum ini
Anda tidak dapat mengubah post anda di forum ini
Anda tidak dapat menghapus post anda di forum ini

Lompat ke:  


Gay Indonesia Forum is powered by phpBB® 2012 phpBB Group, Zend Guard V.5.5.0, and phpBB SEO